DAPATKAN UANG CUMA-CUMA DISINI ..!

AWAL MASA KANAK-KANAK

Minggu, 27 Juni 2010
Pada umumnya orang berpendapat bahwa masa-masa kanak-kanak merupakan masa yang terpanjag dalam rentang kehidupan . saat dimana individu relative tidk berdaya dan tergantung pada orang lain. Masa kanak-kanak dimulai setelah melewati masa bayi yang penuh ketergantungan yakni kira-kira dua tahun sampai saat anak matang secara seksual, kira-kira tiga belas tahun untuk wanita dan empat belas tahun untuk pria .
1.ciri-ciri awal masa kanak-kanak
Salah satu cirri tertentu masa bayi merupakan cirri khas yang memebedakannya dengan periode-periode lain dengan rentang kehidupan , demikian pula halnya dengan cirri tertentu dari periode awal masa kanak-kanak dimana cirri-ciri itu trcermin dalam sebutan yang biasanya diberikan :
a. Sebutan yang digunakan orangtua yaitu usia sulit dan usia mainan
b. Sebutan yang digunakan para pendidik yaitu usia pra sekolah
c. Sebutan yang dignakan para ahli psikologi yaitu usia kelompok.usia menjelajah , usia bertanya dan usia meniru
2. Tugas dalam perkembangan pada masa kanak-kanak
Anak-anak harus meletakkan dasar-dasar hati nurani sebagai bimbingan untuk perilaku benar dan salah kareana salah satu yang terpenting dan bagi banyak anak-anak merupoakan tugas perkembangan yang paling sulit adalah belajar untuk berhubungan secra emosional dengan orang tua, saudara-saudara kandung dan orang-orang lain .
3. Keterampilan pada awal masa kanak-kanak
Awal-awal masa knak-kanak merupakan masa yang ideal untuk mempelajari keterampilan tertentu dimana terdapat tiga alasan.pertama, anka sedang mengulang-ulang dan karenanya dengan senang hati mau mengulang suatu aktivitas sampai mereka terampil melakukannya Kedua, anak-anak bersifat pemberani sehinnga tidak terhmbat oleh ras takut kalau dirinya mengalami sakit Dan ketiga , anak belia mudah dan cepat belajar karena tubuh masih sngat lentur . Keterampila n yang hrus diterapkan pada anak-anak secara umum yaitu ketreampilan tangan dn keterampilan kaki.
4. Kemajuan Berbicara dalam awal masa kanak-kanak
Selama masa awal kanak-kanak, anak-anak memliki keinginan yang kuat untuk belajar berbicara . hal ini disebabkan Karena dua hal.pertama,belajar berbicara merupakan sarana pokok dalam sosialisasi.kedua,belajar berbicara merupakan sarana untuk memperoleh kemandirian.kemampuan mengerti sangat dipengaruhi cara anak mendengarkan apa yang dikatakan kepadanya dimana ini disebut peningkatan dalam pengertian.selain ini ada peningkatan dalam keterampilan berbicara yaitu orang tua masa kini,terutama pada ibu labih banyak berbicara dengan anak-anak karena mereka lebih banyak mempunyai waktu luang berhubung keluarga semakin mengecil dan adanya alat-alat rumah tangga yang praktis.Dan bsemakin banyak anak-anak berhubungan dengan teman-teman sebayanya,semakin besar dorongan untuk berbicara. 5.Emosi Awal Masa Kanak-kanak
Selama awal masa kanak-kanak emosi sangat kuat dimana terbawa ledakan emosional sehingga sulit dibimbing dan diarahkan.emosi yang tinggi disebabkan oleh masalah fisiologis.Dan banyak factor yang mempengaruhi emosi dalam awal masa kanak-kanak diantaranya ledakan amarah.
6.Sosialisasi Pada Awal Masa Kanak-kanak
Salah satu tugas perkembangan awal masa kanak-kanak yang penting adalah memperoleh latihan dan pengalamaan pendahuluan yang diperlakukan untuk menjadi anggota”kelompok”dalam akhir masa kanak-kanak.pola sosialisasi awal anak-anak yaitu antara usia dua dan tiga tahun,anak menunjukan minat yang nyata untuk melihat anak-anak lain dan berusaha mengadakan kontak social.Dimana bentuk perilaknya yang paling penting adalah penyesuaian social yang berhasil tampak dan mulai berkembang dalam periode ini.Halverson melaporkan bahwa anak yang pada usia 2,5 tahun bersikap ramah dan aktif secara social akan terus bersikap seperti itu sampai usia 7,5 tahun.
7.Bermain Pada Awal Masa Kanak-kanak
Masa awal kanak-kanak sering disebut sebagai tahap mainan,karena dalam periode ini hampir semua permainan menggunakan mainan.Minat bermainan anak-anak mengikuti suatu pola yang sangt dipengaruhi oleh kematangan dalam bentuk permainan tertentu dan oleh lingkungan dimana ia dibesarkan.misalnya anak yang sangat cerdas lebih menyukai permainan sandiwara.
8.Perkembangan moral Pada Awal Masa Kanak-kanak
Perkembangan moral pada awal masa kanak-kanak masih dalam tingkat yang rendah.Hal ini disebabkan karena perkembangan intelektual anak-anak belum mencapai titik dimana ia dapat mempelajari atau menerapkan prinsip-prinsip abstrak tentang benar dan salah,ia juga tidak mempunyai dorongan untuk mengikuti peraturan-peraturan karena tidak mengerti manfaatnya sebagai anggota kelompok social.Dengan berakhir awal masa kanak-kanak ,kebiasaan untuk patuh harus dibentuk agar anak mempunyai disiplinyang konsisten dengan tujuan untuk memberitahukan kepada anak-anak perilaku yang baik dan buruk.
9.Minat Pada Awal Masa Kaaaanak-kanak
Ada beberapa minat yang berlaku umum diantara anak-anak..minat-minat ini meliputi:
a.minat pada agama
Kenyakinan agama,sebagian besar tidak berarti bagi anak-anak meskipun mereka menunjukkan minat dalam ibadah agama tetapi karena banyak msalah kepada anak-anak dijelaskan dalam rangka agama seperti kematian,kelahiran , aka keiginan tahu tentang masalah-msalah agam menjadi besar . akan tetapi minat pada masa kanak-kanak bersifat egosentris, misalnya , waktu berdoa
b. minat terhadap diri-sendiri
anak menunjukkan minat pada dirinya sendiri melalui banyak cara yang paling sering adalh dengan mengamti dirinya melalui kaca, meniliti bagian tubuh dan pakaiannya.mengajukan pertanyaan tentang dirinya , membandingkan milik dan prestasi teman-temannnya.
c.minat terhadap seks
banyak anak memperlihatkan minat mereka terhadap seks dengan membicarakannya dengan teman-teman bermain
d.minat terhadap bermain
Anak-anak menaruh minat terhadap pakaian pada umumnya,tetapi khususnya pada pakaian yang akan dialahat orang lain . misalnya, orang-orang diluar akan melihat jas, sepatu, dan sebagainya. Yang menjadi pusat perhatian adalah baru atau tidaknya pakaian warna dan hiasannya.
10. Penggolongan peran seks
Dalam tahap perkembangan usia kritis, anak diharapkan menguasai dua aspek penting dari penggolongan peran seks , belajar bagaimana melakukan peran seks yang tepat dan menerima kenyataan bahwa ia harus menyesuaikan dengan stereotip peran seks yang di setujui kalau ingin mendapatkan penilaian social dan juga penerimaan social yang baik.
11. Hubungan keluarga pada masa kanak-kanak
a. hubungan orangtua anak-anak
Perubahan-perubahan dalam hubungan orang tua anak yang dimulai sejak tahun kedua masa bayi berlangsung terus selama awal masa kanak-kanak dan biasanya dalam tingkat yang lebih cepat . perubhan-perubahan ini di sebabkan oleh banyak hal, yang paling sering. Contoh perubahan pada anak.
b. hubungan dengn saudara
Hubungan yang menyenangkan antara bayi dan saudara-saudaranya mulai berkurang dalam tahun kehidupan kedua dan pada saat bayi menjadi nak-anak hubungan ini seringkali mengalami pergeseran. Danya pergesekan hubungan tidak saja merusak suasana rumah tetapi juga mengganggu konsep diri anak . Anak-anak merasa kurang mampu apalagi kalau apa yang dicapi I kritik dan di emooh oleh kakak-kakaknya . namun dari pertengkaran antar sudara mmbrikan pengalaman belajar yang berharga bagi anak tersebut
c. hubungan dngan sanak keluarga
Ada dua kondisi dalam hubungan dengan sanak keluarga sehingga dapat mempengaruhi penyesuaian pribadi dan social anak.pertama, frekuensi hubungan.kedua,peran sanak saudara dalam kehidupan anak.
12.Bahaya Pada Awal Masa Kanak-kanak
a.Bahaya fisik
bahaya fisik awal masa kanak-kanak menimbulkan reaksi psikologis maupun terutama fisik, terutama penyakit, kecelakaan dan kejanggalan.
Kecelakaan seperti:kematian,Penyakit , kecelakaan dsb
Kejanggalan seperti: Kegemukan dan tangan kidal
b.Bahaya psikologis
semua perilaku anak dikaitkan denagn potensi bahaya yang dapat membawa akibat buruk pada penyesuaian pribadi dan social misalnya,bahy dlm berbicara , bhaya emosional,bahaya social,bahaya bermain dan bahaya dalam perkembanagan konsep dsb.
13. Kebahagiaan selama awl masa kanak-kanak
Awal masa kanak-kanak dapat dan harus merupakan periode yang bahagia dalm kehidupan dan hal ini harus tetap demikian. Kalau tidak kebiasaan tidak akan mudah berkembang. Jadi kebahagiaan pada msa knak-kanak trgantung lebih pada kejadian yang mempa anak dirmah daripada diluar

0 komentar:

Poskan Komentar