DAPATKAN UANG CUMA-CUMA DISINI ..!

Lingkungan Hidup yang Diharapkan Manusia

Senin, 26 Juli 2010
setiap mahluk hidup menginginkan agar tempat hidup¬nya memberikan keamanan dan menyenangkan. Semuanya demi untuk kelangsungan hidup bagi individu itu dan bagi jenisnya. Suatu ekosistem mempunyai stabilitas ter-tentu. Semakin besar keanekaragaman ekosistem, semakin besar stabilitasnya. Misalnya, hutan tropis yang terdiri dari beranekaragam tum¬buhan atau hewan, walaupun tanpa perawatan tetap akan dapat melangsungkan hidupnya. Sebaliknya, suatu ladang atau sawah yang terdiri atas beberapa macam tumbuhan akan mempunyai stabilitas yang kecil.
Walaupun hutan dikatakan mempunyai stabilitas yang tinggi, tetapi kecil sekali memberikan daya dukung (carrying ca¬pesity) untuk kelangsungan cara hidup manusia. Yang dimaksud dengan daya dukung ialah adanya unsur biotik dan abiotik yang ¬dapat dimanfaatkan oleh manusia. Oleh karena itu, manusia se¬lalu berusaha menaikkan daya dukung lingkungannya.
Harus diakui bahwa di satu pihak Tuhan telah mencipta¬kan seluruh alam dengan isinya untuk manusia, tetapi di lain pi¬hak manusia harus menciptakan agar lingkungan hidup memiliki daya dukung yang kuat. Untuk itu, manusia harus menggunakan potensi lingkungan, lebih efisien dan lebih bermanfaat.
Lingkungan hidup dapat memenuhi syarat kehidupan para penghuninya jika situasi dan kondisi lingkungan hidup itu dapat disesuaikan dengan kebutuhan minimal para penghuninya.
Semakin modern suatu masyarakat berarti semakin kompleks pula hidupnya dan semakin beranekaragam kebutuhannya. Berkat kemajuan teknologi, manusia lebih mendapat kesem¬patan untuk rnemenuhi kebutuhan hidupnya. tetapi semakim mencemari lingkungan hidupnya. Namun, perencanaan untuk suatu lingkungan hidup tidak akan berjalan jika penduduk untuk suatu lingkungan hidup sudah menjadi terlalu banyak.

0 komentar:

Poskan Komentar