DAPATKAN UANG CUMA-CUMA DISINI ..!

Bahasa Madura, Why Not ......!!!!

Kamis, 09 Desember 2010
Bahasa madura adalah bahasa yang digunakan suku madura. Bahasa madura mempunyai penutur kurang lebih 15 juta orang dan terpussat dipulau madura, ujung timur pulau jawa atau kawasan yang disebut kawasan tapal kuda terbentang dari pasuruan surabaya,malanag sampai banyuangi, kepulauan masa lembo hingga pulau kalimantan.

Bahasa madura mempunyai anak cabang dari bahasa austronesia ranting mlayo- polinesia sehingga mempunyai kesamaan dengan bahasa-bahasa daerhyang lainnya di indonesia bahasa madura banyak terpengruh oleh bahasa jawa melayu, bugis, tionghoa dan lain sebagainya.

Bahasa madura mempuyai lafal sentak dan ditekan terutama pada konsonan (b,d,j,g,jh,dh,gh) atau pada konsonan rangkap seperti jj,dd,dan bb, namun demikian penekanan ini sering terjadi pada suku kata bagian tengah.sedangkan untuk sistem vokal, bahasa madura mengenal vokal(a,i,u,e,,o).

Bahasa madura sebagaimana bahasa-bahasa dikawasan bali dan jawa juga mengenal tingkatan-tingkatan namun agak berbeda karna haya terbagi atas tiga tingkatan yakni; ja’-iya(sama dengan ngoko).

0 komentar:

Poskan Komentar