DAPATKAN UANG CUMA-CUMA DISINI ..!

Pesawat Tenaga Surya Terbesar Tuntaskan Misi Seberangi AS

Minggu, 07 Juli 2013

Pesawat uji coba bertenaga surya, Solar Impulse HB-SIA, berhasil mendarat di Bandara JFK, New York, Amerika Serikat, setelah menyelesaikan perjalanan terakhir menyeberangi AS. Pesawat berangkat pada Sabtu (6/7/2013) pukul 04.56 dari Washington DC dan mendarat pada Minggu (7/7/2013) sekitar pukul 23.15.
Perjalanan melintasi benua Amerika itu mulai di San Francisco pada awal Mei dengan kecepatan tertinggi 70 km/jam. Dalam perjalanannya, pesawat berawak itu singgah di Phoenix, Arizona, Dallas, Texas, dan St Louis, Missouri.
Solar Impulse HB-SIA memiliki lebar sayap yang sama dengan Airbus A340, tetapi hanya berbobot 1,6 ton. Bandingkan dengan A340 yang berbobot sekitar 370 ton.
Sayap dan ekor pesawat tersebut dilengkapi dengan hampir 12.000 sel surya. Energi yang dihasilkan digunakan untuk menggerakkan empat baling-baling dan mengisi ulang baterai lithium-ion seberat 400 kg untuk penerbangan malam hari. Pesawat ini diklaim sebagai pesawat bertenaga surya pertama yang mampu terbang pada siang dan malam hari dalam perjalanan mengarungi AS.
Pilot Andre Borschberg dan rekannya Bertrand Piccard secara bergantian menerbangkan pesawat dengan kursi tunggal tungal tersebut. Setiap penerbangan dirancang agar dapat dilakukan selama kurang dari 24 jam.
"Kami mengatur begitu banyak hal agar membuatnya layak, untuk mengintegrasikan sebuah pesawat eksperimental seperti Solar Impulse di lalu lintas udara tersibuk di dunia, terbang dari Washington ke Kennedy (bandara) itu sangat sulit," kata Borschberg kepada BBC.
Perjalanan bertajuk Accross America ini merupakan proyek terakhir pesawat prototipe HB-SIA. Piccard dan Borschberg berencana menyelesaikan penerbangan lain dengan pesawat yang lebih besar dan dengan dua kursi, HB-SIB, untuk terbang mengelilingi dunia pada musim semi 2015

0 komentar:

Poskan Komentar