DAPATKAN UANG CUMA-CUMA DISINI ..!

Syarat Penciptaan Tulisan yang Bermutu

Jumat, 19 November 2010
Menulis ternyata butuh ketrampilan khusus dan latihan secara terus menerus. Untuk menulis opini seseorang harus mempunyai sejumlah kemampuan antara lain bisa merumuskan masalah dengan baik, berbahasa lugas, punya pengetahuan umum yang baik, serta barangkali yang agak penting ialah punya pemahaman filsafat. Muatan tulisan orang yang punya pengetahuan jelas berbeda dengan tulisan orang yang tidak mempunyai pemahaman filsafat.....

Pemahaman filsafat ini janganlah diartikan kita akan menjadi filosof seperti plato atau aristoteles. Namun, bagaimana kita mampu menganalisa sebuah masalah dengan pisau bedah yang kita miliki. Pisau bedah itu ialah filsafat. Misalkan bagaimana kita membedah ketimpangan pendapatan antara si kaya dan si miskin dengan teori marxis. atau sikap pemda yang pilih kasih terhadap PKL dan menganakemaskan pembangunan ruko dan supermarket dengan teori strukturalis. Dsb…dsb…

Tapi ingat ! teori hanya sebatas teori. Intinya ialah bagaimana kita mengaplikasikan penggunaan teori atau filsafat untuk menganalisa permasalahan yang kita tuju. So, jangan sampai kita terjebak dalam hanya mengulang secara redaksional teori atau filsafat itu.

Selain itu, pengetahuan dan wawasan juga diperlukan untuk membikin tulisan kita “bernyawa”. Ada banyak cara untuk menambah wawasan kita. Misalnya dengan banyak-banyak membaca buku serta rajin mengikuti diskusi serta mengkomunikasikanya dengan seorang yang berpengalaman. Bila pikiran kita sudah kekeyangan wacana dan informasi maka proses penciptaan tulisan akan semakin ringan.

Setelah itu semua selesai, sajikanlah tulisan kita dengan penuh percaya diri. Jangan pernah beranggapan bahwa tulisan orang lain selalu lebih baik dari tulisan kita. BE YOUR SELF !

0 komentar:

Poskan Komentar