DAPATKAN UANG CUMA-CUMA DISINI ..!

Tips Menulis dengan Mudah

Jumat, 19 November 2010
Menulis = membebaskan diri
Setiap orang punya kemampuan menulis. Kemampuan ini ibarat jin yang tersumbat dalam botol Aladin. Karena itu tiap orang perlu berupaya keras membebaskan sumbatan agar potensi menulis melejit keluar.

Menulis = mengekspresikan diri
Hal ini merupakan cara membuang sumbatan botol. Anggaplah di dunia ini hanya anda sendiri..... Dan anda bebas mengutarakan apupun tanpa ada orang yang akan menganbcam atau menilainya.

Menulis = menemukan diri
Ini dapat dikatakan mempercepat pembuangan sumbatan botol. Anda akan terdorong sangat keras bila aktivitas menulis di targetkan untuk mengenal diri anda sendiri.
Memiliki catatan harian
Ini untuk menampung semburan potensi menulis. Tulislah apa saja sepanjang hari. Dan terbukti, orang yang sering mengungkapkan isi hatinya pada buku harian, mampu menghasilkan tulisan yang nyaman dibaca.

Kebiasaan menulis = menangkap ide
Seringkali kita menghadiri sebuah diskusi dimana banyak ide-ide berloncatan. Maka amat berguna sekali kalau kita mencatatnya sebagai investasi ide yang siap di”blow up”. Dan bisa juga dijadikan dokumentasi yang berisi kumpulan informasi yang bisa dipanggil setiap saat kita membutuhkanya.


Langkah-langkah penulisan sebuah artikel :
1. Menentukan topik tulisan
Topik harus memiliki nilai yang aktual, sedang hangat-hangatnya diperbincangkan di masyarakat.
2. Membuat kerangka tulisan secara detail
Kerangka tulisan secara sederhana biasanya bermula dari pendahuluan, pembahasan masalah, kesimpulan. Bisa pula dilengkapi dengan solusi permasalahan.
3. Pengumpulan data, fakta dan kepustakaan penunjang berdasarkan kerangka tulisan.
4. Memeriksa tulisan yang sudah selesai dibuat, dari kesalahan yang terjadi baik kesalahan pada data, kata atau kalimat serta pembahasan yang kurang tajam.

0 komentar:

Poskan Komentar