DAPATKAN UANG CUMA-CUMA DISINI ..!

Contoh Penulisan Metodologi penelitian

Senin, 03 Januari 2011
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

A. RANCANGAN PENELITIAN
Jenis penelitian yang dilakukan adalah termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas merupakan suatu refleksi diri yang di lakukan oleh para partisipan ( guru, mahasiswa atau kepala sekolah ) dalam situasi sosial termasuk pendidikan untuk meningkatkan dan memperbaiki rasionalitas dan kebenaran yang berhubungan dengan praktek – praktek pendidikan yang di lakukan.
Menurut ( kunandar : 2008 ) penelitian tindakan kelas merpakan suatu kegiatan yang di lakukan oleh guru bersama – sama dengan orang lain yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu proses pembelajaran di kelas.
Metode dalam penelitian ini mengunakan metode eksperimen, hanya satu kelas yang digunakan untuk penelitian tanpa menggunakan kelas kontrol dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa melalui metode cooperative skrip.
Ranccangan dalam penelitian ini yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi,
B. TEMPAT DA N WAKTU PENELITIAN
Tempat penelitian ini adalah MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan. Sedangkan waktu pelaksanaannya yaitu mulai tanggal 21 november sampai dengan tanggal 5 januari 2010 pada senester I tahun ajaran 2010 / 2011. pokok pembahasan adalah sistem tespirasi pada manusia.
C. DATA DAN SUMBER DATA
 Data yang diambil dalam penelitian ini adalah :
 Tes hasil belajar siswa respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran cooperative skrip.
Sumber data yang diperoleh yaitu siswa kelas XI MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan. Dengan jumlah siswa 35 orang, perempuan 20 orang, sedangkan laki-laki 15 orang dqan guru yang mengikuti pelaksanaan tindakan kelas ini dengan jumlah 5 orang.
Kegunaan dalam pendekiatan cooverative skrip. Pembelajaran untruk mengetahui sejauhman siswa dapat memkahami materi yang telah diberikan.













































BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

A. RANCANGAN PENELITIAN
Penelitian yang dilaksanakan merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini dilakukan dengan alasan bahwa dalam melakukan tindakan kepada wsubjek penelitian sangat di utamakan suatu proses penggunaa metode direct intraction (DI) dalam menggunakan alat pada mata pelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa.
PTK bertujuan untuk memperbaiki dasar pemikiran dan kepantasan dari praktik-praktik pemahaman terhadap praktik tersebut, serta situasi atau lembaga tempat praktik tersebut dilaksanakan ( Penelitian Tindakan Kelas : 2008, 14 ).
PTK atau penelitian tidakan kelas adalah :

Kosong


Pendekatan kualitatif adala :

Kosong


Rancangan penelitian dalam penelitian ini adalah : rancangan pelaksanaan dalam berbagai refleksi.


Kosong


B. TEMPAT DAN WAKTU PENELITIAN
Lokasi penelitian kelas ini adalah Madrasah Tsanawiyah Al- Amien Bugih Pamekasan kelas VIII, mata pelajaran biologi materi pertumbuhan dan perkembangan semester II tanggal 20 november tahun ajaran 2010 / 2011.
C. DATA DAN SUMBER DATA
Data dalam penelitian ini berupa pengambilan ( tanya jawab ) penugasan LKS (Lembar Kerja Siswa ) dan UAS ( Ujian Akhir Semeater ) penerapan yang diterapkan merupakan pendekatan didalam menggunakan alat.
Sumber data yang diperoleh meliputi semua siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 27 orang laki-laki 12 orang dan perempuan 15 orang. Dan guru yang mengikuti dalam pelaksanaan tindakan kelas ini adalah dengan jumlah guru 3 orang.
Kegunaan dalam penerapan pendekatan di dalam memakai alat pembelajaran untuk mengetahui kesesuaian untuk teori yang telah dikemukakan dalam kajian pustaka dengan realita ( kenyataan ) yang telah di teliti.


0 komentar:

Poskan Komentar