DAPATKAN UANG CUMA-CUMA DISINI ..!

PERBANDINGAN ANTARA ALIRAN MENGENAI PELAKU DOSA BESAR

Senin, 03 Januari 2011
1. Aliran Khawarij
Menurut semua sub sekte khawarij kecuali najdah pelaku dosa besar adalah kafir dan akan di siksa di neraka selamanya, bahkan salah satu sub sekte khawarij berpendapat bahwa pelaku dosa besar bukan hanya kafir melainkan musyrik, yang menurutnya musyrik itu lebih mengerikan dari pada kafir.
2. Aliran Murji'ah
Aliran Murji'ah berbeda pendapat mengenai pelaku dosa besar. Menurut murjiah yang bersifat ekstrim pelaku dosa besar tidak kafir dan tidak akan di siksa di dalam neraka karena menurutnya perbuatan maksiat tidak adapat menggugurkan keimanan sebagaimana keta'atan tidak dapat membawa kekufuran. Menurut murjiah yang moderat pelaku dosa besar tidaklah menjadi kafir. Meskipun disiksa di neraka ia tidak kekal didalamnya, bergantung pada ukuran dosa yang dilakukannya.
3. Aliran Mu'tazilah
Aliran ini tidak menentukan status dan predikat yang pasti bagi pelaku dosa besar, apakah mereka tetap mukmin atau kafir. Menurutnya pelaku dosa bear berada di al-manzilah bain al-manzilatain atau berada di posisi tengah antara mukmin dan kafir. Menurutnya pelaku dosa besar yang meninggal dan tidak sempat bertaubat, dia akan kekal di neraka. Akan tetapi siksaan yang di terima lebih ringan dari pada siksaan pada orang kafir.
4. Aliran Asy'ariyah
Menurut aliran ini para pelaku dosa besar tidak kafir melainkan tetap mukmin akan tetapi juka dosa besar itu dilakukan dengan anggapan bahwa hal itu dibolehkan dan tidak meyakini keharamannya, maka ia telah di pandang kafir. Adapun balasan bagi mereka di akhirat kelak bergantung pada kebijakan tuhan yang maha berkehendak mutlak (bisa masuk surga dan bisa masuk neraka)
5. Aliran Maturidiyah
Aliran ini berpendapat bahwa pelaku dosa besar tidak kafir dan tidak kekal di neraka walaupun ia mati sebelum bertaubat. Hal ini karena tuhan telah menjanjikan akan memberikan balasan kepada manusia sesuai dengan perbuatannya. Kekal di neraka merupakan balasan bagi orang kafir.
6. Aliran Syi'ah Zaidiyah
Menurut aliran ini pelaku dosa besar akan kekal di neraka jika dia mati sebelum bertaubat dengan taubat yang sesungguhnya.

Menurut saya, aliran-aliran yang berpendapat bahwa pelaku dosa besar tetap mukmin menjelaskan bahwa andaikata ia dimasukkan dalam neraka, ia tidak akan kekal di dalamnya. Jadi, menurut saya aliran-aliran di atas sepakat bahwa pelaku dosa besar akan masuk neraka, akan tetapi yang jadi perdebatan adalah masalah kekal dan tidaknya didalam neraka

0 komentar:

Poskan Komentar