DAPATKAN UANG CUMA-CUMA DISINI ..!

ANALISIS TENTANG TEORI PENDIDIKAN DENGAN KURIKULUM

Senin, 28 Februari 2011

Hubungan teori pendidikan dengan kurikulum sangatlah erat. Menurut nana s.sukmadinata ada 4 teori pendidikan yaitu :

  1. Pendidikan klasik

Teori ini berlandaskan pada filsafat klasik, dan memandang bahwa pendidikan berfungsi sebagai upaya memelihara, mengawetkan dan meneruskan warisan budaya. Teori ini lebih menekankan peranan isi dari pada proses isi materi dari khazanah ilmu pengetahuan yang di temukan dan di kembangkan oleh para ahli tempo dulu yang di susun secara logis dan sistematis. Dalam teori ini pendidik mempunyai peranan yang lebih besar dari pada peserta didik yang hanya berperan sebagai penerima inforamasi dan tugas-tugas dari pendidik.

  1. Pendidik Pribadi

Teori ini tidak searah dengan asumsi bahwa sejak di lahirkan seorang anak telah memiliki potensi-potensi tertentu. Dalam teori ini peserta didik diharuskan untuk bisa menjadi pelaku utama dalam pendidikan, sedangkan pendidik hanya berperan sebagai pembimbing, pendorong, fasilitator, dan pelayan peserta didik.

Teori ini memilki dua aliran yaitu :

a. Pendidikan progresif

Teori ini memandang bahwa peserta didik merupakan suatu kesatuan yang utuh, artunya semua materi pengajaran berasal dari pengalaman yang sesusai dengan minat dan kebutuhan peserta didik.

b. Pendidik romantik

Teori ini berpangkal dari pemikiran-pemikiran J. J Rouseasu tentang tabula rasa, yang memandang setiap individu dalam keadaan Jetrah ; memeiliki nurani kejujuran, kebenaran dan ketulusan.

  1. Tekhnologi pendidikan

Technologi pendidikan yaitu suatu konsep pendidikan yang memeiliki persamaan dengan pendidikan klasik tentang peranan pendidikan dalam menyampaikan informasi. Akan tetapi antara keduanya ada perbedaan, perbedaan adalah dalam tekhnologi pendidikan yang di utamakan adalah pembentukan dan penguasaan kompetensi, bukan pengawetan dan pemeliharaan budaya lama, yang malah bertentangan dengan pendidikan klasik. Dalam konsep tekhnologi pendidikan isi pendidikan di pilih oleh tim ahli bidang-bidang khusus, isinya berupa daya-daya objektif dan keterampilan-keterampilan yang mengarah kepada kemampuan vucational.

  1. Pendidikan internasional

Pendidikan interaksional yaitu pendidikan yang betitik tolak dari pemikiran manusia sebagai makhluk sosial yangsenantiasa berinteraksi dengan manusia lainnya. Teori ini menekankan dua pihak dari guru kepada peserta didik dan dari peserta didik ke guru, interaksi terjadi antara peserta didik dengan materi pembelajaran dan dengan lingkungan, antara pemikiran manusia dengan lingkungannya .

0 komentar:

Poskan Komentar