DAPATKAN UANG CUMA-CUMA DISINI ..!

Morfologi Tumbuhan (BUNGA MELATI)

Sabtu, 19 Februari 2011

Klasifikasi

Kingdom : Plantae

Divisio : Magnoliophta

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Lamiales

Familia : Oleaceae

Genus : Jasminum

Spesies : Jasminum sambal

Melati merupakan tanaman bias berupa perdu berbatang tegak, dan mempunyai akar tunggang dan termasuk jenis daun yang sejajar, yang hidupnya tahun menahun, salah satu jenis melati dijadikan sebagai simbol nasional yaitu melati putih dan juga jenis melati gambir.

Bunga melati yang harumnay khas, memang banyak di sukai banyak orang, khususnya wanita. Namun selain wangi baunya menggoda melati juga memiliki khasiat untuk membantu menyembuhkan penyakit.

Bunga melati juga di kenal oleh masyarakat diselurh nusantara bunga melati selain sebagai penghias juga banak digunakan dalam berbagai macam industri di indonesia. Diantaranya industri teh, pewangi, cat, tinta, pestisida dan lain – lain (BALITTROVOL XP) selain itu kandungan minyak bunga atisiri dalam bunga melati dapat mencapai harga Rp. 30.000.000,00 diantara 200 jenis malati yang telah diidentifikasi oleh para ahli botani baru sekitar 6 jenis melati yang umum di budidayakan dan terdapat delapan jenis melati yang potensial untuk dijadikan tanaman hias. Sebagian besar jenis melati tumbuh liar dihutan – hutan karena belum terungkap potensi ekonomi dan sosialnya. Tanaman melati termasuk suku melati – melatian atau oleacea.

Jenis varietas dan ciri – ciri penting (karakteristik) tanaman melati adalah sebagai berikut :

Ø Jasminum sambac air (melati putih, puspa bangsa)

Ø Jasminum multiflorum andr. (melatih hutan: gambir, poncosudo, star jasmine, J pubescens willd)

Ø Jasminum officinale (malti casablanca, spanihs, jasmine) sinonim dengan j. floribundum jasmine grandiflorum. Perdu setinggi 1,5 meter

Ø Jasminum rec – melati raja king jasmine )

Ø Jasminum parkeri daun melati pot

Ø Jasminum mensyi (jasminum primulium, melati primrose)

Ø Jasminum revolutum – sims (melati italia)

Ø Jasminum simplicifolium (melati australia, j. volibile, melati bingtang). Melati hibrida. Bunga berwarna merah muda dan harum.

Adapun jenis dan varietas melati yang ada di pulau jawa antara lain :

Ø Jasminum sambac (melati putih ) antara lain varietas: ‘maid of orieans’, ‘grand duke of tuscany’menur dan rose pikeke’

Ø Jasminum multiflorum (‘star jasmine’)

Ø Jasminum officinale (gambir)

Bunga melat selain dipergunakan sebagai zat pewangi parfum kelas tinggi juga dapat berkhasiat untuk membantu menyembuhkan sesak nafas, sait kepala, sakit mata, demam, bengkak karena sengatan lebah dan bahkan dapat juga membantu mengontrol asi yang sering kali keluar secara berlebihan, juga bermamfaat sebagai bunga tabur, bahan industri minyak wangi, kosmetika, parfum, farmasi, penghias rangkaian bunga dan bahan campuran atau pengharum the.

0 komentar:

Poskan Komentar