DAPATKAN UANG CUMA-CUMA DISINI ..!

MEYUSUN IRAMA PENDIDIKAN

Senin, 28 Februari 2011

PEMBAHASAN

A. Pokok Bahasan

Pendidikan pada masa sekarang bukan hanya dimiliki oleh orang kota saja, melainkan sampai ke pelosok desa yang akan mengtantarkan tiga rana kemampuan yaitu : kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual. Yang idealnya pendidikan akan mengantarkan peserta didik menuju berkewibawaan. Akan tetapi realitasnya, semakin memrebaknya pendidikan di negara indonesia malah mengalami kemerosotan, fenomena ini dilihat dari berbagai aspek yang salah satunya dari aspek kehidupan, ekonommi, sosial budaya dll.

Pendidikan juga tampak diskriminatif pada sebagian masyarakat yang ekonominya yang menengah ke bawah, dan menurut mereka pendidikan hanya pantas dimiliki orang yang modal banyak yang tidak ada bedanya dengan kaum kapitalis yang sudah menjadi bumbu dan nafas pendidikan. Dan semua ini terjadi karena m inimnyja perhatian pemerintah dalam menerapkan efentif kinerja, bagi kam kapitalis pendidikan sudah di jadikan landasan basah yang melegitimasi dirinya sebagai pendidik dan penggerak kekayaan. Hal ini bisa di buktikan dengan mahalnya biaya pendidikan yang seakan-akan bagi orang yang tidak mempunyai modal banyak harus meminta-minta.

Sedangkan dalam menta pendidikan yang paling utama aedalah para pendidik untuk mengantarka seorang anak mencapai tingkat kemandirian sehingga mampu meraih individualitasnya. Pendidikan juga diharapkan mampu memberikan kontribusi yang signifikan pada anak banngsa sehingga keberhasilan dalam suatu pendidikan adalah bagaimana anak bangsa ini akan mampu secara kompetitif, arif dan bijaksana memperjuankan cita-cita agama, bangsa dan negara, sebagaimana termaktub dalam pancasila yang merupakan falsafah bangsa kita.

B. Pendapat Saya

Saya sangat setuju karna pendidikan bukanlah hanya dimiliki oleh kaum kapitalis akan tetapi orang yang tidak punya modalpun bisamemiliki kesempatan untuk menuntut ilmu. Pendidikan sangat penting bagi semua manusia karna sudah jelas pada pasal 31 ayat (1) UUD 1945 yang berbunyi bahwa, “setiap warga negara behak mendapatkan pendidikan”

C. Menurut Buku

Pendidkan sangat penting bagi semua manusia karna semua manusia berhak untuk menuntut ilmu dan tidak membeda-bedakan maa yang kota maupun desa. Karna tujuan pendidkan itu bukanlah untuk orang yang punya saja akan tetapi pendidikan. itu bertjuan untuk suatu masalah yang sangat fundamental dalam melaksanakan dan pendidikan itu tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia. Baik dalam kehidupan keluarga maupun kehidupan bangsa dan negara, karna maju mundurnya suatu bangsa sebagian besar ditentukan oleh maju mundurnya suatu pendidikan.

Pendidika pada hakikatnya adalah usaha sadar untuk mengembangkan keperibadian dan kemampuan didalam maupun di luar sekolah dan berlangsung seumur hidup. Pendidikan itu berupay dengan asas pendidikan seumur hidup. Cara untuk meninjau dasar pikiran seumur hidup yaitu :

  1. Tinjaun Ideologis

Dimana semau mannusia dilahirkan sama dan mempunyai hak yang sama, khususnya memperoleh pendidikan dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan dan menjadi kewajiban bagi semua tokoh atau para pendidik untuk menyelamatkan masyarakat dari kebodohan dan kemelaratan.

2. Tinjauan ekonomis

Salah satu cara keluar dari kebodohan dan kemelaratan ialah :

a. Meningkatkan produktivitasnya

b. Memelihara dan menngembngkan sumber daya yang dimilikinya

c. Memungkinkan hidup dalam lingkungan yang sehat dan menyenamgkan

d. Mempunyai motivasi dalam pendidikan mengasuh anak-anaknya secara tepat sehingga peranan pendidikan dalam keluarga sangat besar dan penting

  1. Tinjauan sisiologis

Salah satu masalah berkembangnya pendidikan adalah pemborosan pendidikan diman pemborosan tersebut mengakibatkan tambahan buta huruf.

  1. Tinjauan politis

Negara kita adalah negara demokrasi dimana seluruh negara wajib menyadari hak dan kewajibannya, maka tugas pendidikan tugas eumur hidup berfungsi sebagai pendidikan kewarganegaraan perlu diberikan kepada setiap warga negara.

5. Tinjauan Teknologis

Dengan majunya ilmu pengetahuan dan teknologi maka senantiasa juga menyesuaikan dengan perkembangan ilmu dan teknologi untuk menambah cakrawala pengetahuan disamping keterampilan.

  1. Tinjauan Psikologis dan Padagogis

Perkembangan teknologi sangat berpengaruh besar terhadp pendidikan khususnya konsep dan teknik penyampaiannya. Pendidikan formal yang utama ialah bagaimana mengajarkan cara belajar, dan menanamkan motivasi yang amat kepada anak untuk belajar terus sepanjang hayatnya.

0 komentar:

Poskan Komentar