DAPATKAN UANG CUMA-CUMA DISINI ..!

Inilah Robot-robot Terbaik Tahun Ini

Minggu, 12 Juni 2011

Kontes Robot Nasional, Kontes Robot Indonesia, Kontes Robot Cerdas Indonesia, dan Kontes Robot Seni Indonesia di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, 11-12 Juni 2011, berakhir sudah. Sejumlah robot muncul sebagai pemenang dan sebagian berhak tiket mengikuti kontes robot lebih bergengsi di tingkat internasional.

Tim Barelang 5.1 dari Politeknik Negeri Batam berhasil menjuarai Kontes Robot Indonesia yang merupakan salah satu kategori dalam Kontes Robot Nasional 2011. Robot buatan mahasiswa Batam itu mengalahkan tim Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

"Tim yang berhasil mengalahkan Tim P-Next dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) itu berhak mewakili Indonesia dalam kontes robot ABU Robocon di Bangkok, Thailand, 9 September 2011," kata Ketua Panitia Kontes Robot Nasional (KRN) 2011 Muhammad Arif Wibisono.

Posisi ketiga dalam kategori Kontes Robot Indonesia (KRI) bertema "Larungan" itu diraih oleh Tim Harm-Vy dari Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya.

Pada kategori Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Beroda bertema "Robot Pemadam Api", juara I diraih Tim Hamazar dari Institut Teknologi Telkom (ITT) Bandung, juara II Tim R2C-Deus Vult (Universitas Kristen Satyawacana Salatiga), dan juara III Tim Warfire (UGM).

Untuk kategori KRCI Berkaki yang juga bertema "Robot Pemadam Api", juara I diraih Tim Aqabah dari ITB Bandung, juara II Tim Barelang 2.1 (Politeknik Negeri Batam), dan juara III Tim Revecto (UI Jakarta).

Kategori KRCI "Battle" bertema "Robot Pemain Bola" itu, juara I diraih Tim E-1205 dari PENS, juara II Tim Barelang 4.1 (Politeknik Negeri Batam), dan juara III Tim R2C-R7 (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga).

"Tim E-1205 dari PENS yang berhasil menjuarai KRCI 'Battle' berhak mewakili Indonesia dalam kompetisi RoboCup 2012 di Meksiko," katanya.

Ia mengatakan, pada kategori Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) bertema "Robot Penari Klono Topeng", juara I diraih Tim Pandji Asmorobangun dari UI Jakarta, juara II Tim Satria 177 (IT Telkom Bandung), dan juara III Tim Be-Mask 2 (STMIK Teknokrat Telkom Bandar Lampung).

Kompetisi yang berlangsung selama dua hari itu diikuti 101 tim dari 51 perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh mengatakan, kontes robot semacam itu sangat bermanfaat dalam menumbuhkan semangat kreativitas dan sportivitas di kalangan mahasiswa.

"Selain itu, juga dapat dimanfaatkan sebagai ajang silaturahim dan saling mengenal antarmahasiswa dari berbagai daerah dalam membangun kebersamaan nasional," ujar Muhammad Nuh saat menyempatkan diri untuk melihat secara langsung kontes itu siang tadi. KOMPAS.com

0 komentar:

Poskan Komentar